728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 26 Juli 2013

    Wawancara khusus Reuters dengan Osama Mursi, anak Presiden Mursi

    Tarqiyah : Sophie Shevardnadze: Terima kasih karena anda mau untuk wawancara ini. Apakah sebenarnya yang Anda takut dan apakah anda ingin bersembunyi?

    Osama Mursi: Saya tidak takut dan bersembunyi. Saya telah berada di antara pendukung revolusi muda Mesir sejak Januari 25, 2011. Hari ini anak-anak muda turun kejalan-jalan negara untuk mempertahankan revolusi demokrasi.

    Saya ingin katakan sekali lagi. Saya adalah salah seorang dari mereka yang mempertahankan sebab terjadinya revolusi Januari dan pencapaiannya. Saya berada di jalan-jalan dengan yang lain. Saya pikir kita harus mempertahankan pencapaian revolusi Januari kemarin. Kita harus tetap dengan tujuan itu, yang kini telah diancam oleh kelompok yang mengorganisir kudeta berdarah di Mesir.

    Kami sedang mempertahankan tujuan revolusi.

    Kepresidenan Mesir adalah sebuah lembaga yang didirikan atas kehendak rakyat setelah revolusi. Kondisi hari ini bukan hanya masalah Presiden, bahkan ia adalah pelanggaran terhadap dukungan rakyat, konstitusi, dinilai rakyat, dan ia menentang Presiden yang dipilih secara sah. Semua lembaga ini telah dihapus hasil dari kudeta dan ia tidak dapat dibenarkan. Rakyat Mesir tidak bisa jadi pengamat saja. Dan kelompok yang mengorganisir kudeta tidak seharusnya berpikir bahwa mereka lebih berhasil mendapatkan dukungan rakyat.

    Ini tidak akan terjadi. Setelah 25 Januari, rakyat Mesir telah mendapat apa yang mereka perjuangkan. Kami, sebagai rakyat dan pemimpin, tidak dapat menyerahkannya kepada rezim berdarah ini.

    SS: Anda mengatakan Anda tidak bersembunyi tapi begitu sulit untuk mengatur wawancara dengan Anda. Ada begitu banyak rahasia di sekitarnya. Apa yang Anda katakan-apakah ini berarti Anda dapat dilihat di jalan-jalan setiap hari dengan pendukung Anda?

    OM: Ya, tentu saja. Saya berada di Medan Rabiatul Adawiyah. Saya berada dijalan. Jika saya bersembunyi, saya tidak akan dapat berbicara dengan Anda pada hari ini.

    SS: Di mana ayahmu sekarang, apakah anda tahu?

    OM: Ayah saya sekarang berada di lokasi tidak diketahui. Para pemimpin kudeta ini adalah penjahat perang.

    Mereka menahan presiden tanpa alasan apapun, presiden yang dipilih secara sah, yang berbicara atas kehendak rakyat, dan sekarang mereka menyembunyikan dia di lokasi rahasia. Apa yang Anda bisa harapkan dari penjahat perang? Mereka mengebiri "alasan mereka yang telah meninggal dunia" di atas nama revolusi dan Hukum. Jadi, kami masih tidak tahu di mana ayah saya disembunyikan. Kami tidak tahu di mana dia, tidak tahu mengapa dia ditahan.

    SS: Apakah Anda khawatir akan kehidupannya? Apa yang Anda pikir bisa terjadi kepadanya?

    OMi: Jurubicara Militer Ahmed Ali pada dasarnya mengakui bahwa mereka telah menangkap presiden. Pernyataan tersebut adalah main-main. Dia mengatakan bahwa presiden ditahan untuk menjamin keselamatannya sendiri. Dan untuk ini kami berkata, "Jangan khawatir tentang keamanan presiden. Biar presiden keluar kepada rakyat dan berbicara dengan mereka. Anda tidak perlu menemukannya dengan cara inkonstitusional yang sulit ini."

    SS: Apakah Anda tidak takut akan hidupnya?

    OMi: Sebagai anaknya saya pasti khawatir tentang dia, dan saya takut akan hidupnya. Tetapi sebagai seorang pendukung revolusi, yang melihat dia sebagai presiden revolusi kami, saya menyerukan kepada beliau untuk berdiri teguh, tetap setia dengan ide-ide beliau, dan jangan menyerah kepada para penjahat perang.

    Kita semua, bukan hanya saya, tapi seluruh anggota keluarga kami, mendukung beliau. Kami menyerukan kepada beliau untuk tidak menyerah dan setia kepada kehendak rakyat. Presiden tidak memiliki kehendak rakyat, ia tidak bisa berurusan dengannya sebagaimana yang dianggap patut. Ini adalah kehendak semua rakyat Mesir.

    SS: Anda terlihat sangat dekat dengan ayah Anda dalam proses ini secara keseluruhan. Apakah ayah Anda tidak melihat bahwa kudeta ini bakal terjadi? Ada tanda-tanda yang rakyat Mesir menginginkan pemerintahan yang lebih inklusif dan masyarakat yang inklusif. Dan Angkatan Darat telah memperingatkan Mursi.

    OM: Anda bisa bertanya pertanyaan ini kepada Presiden Mesir, ketika dia kembali ke kantornya melalui usaha revolusi secara besar-besaran. Dia akan dapat memberikan jawaban yang lebih baik. Saya tidak tahu bagaimana teknik mengatur.

    SS: Tapi apa pendapat Anda tentang itu? Anda anaknya,

    OM: Saya hanya anak presiden. Saya bukan salah seorang dari mereka yang membuat keputusan-keputusan penting. Saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan dalam pertemuan presiden, meskipun saya anaknya.

    SS: Ini adalah satu pertanyaan yang sangat pribadi. Kakek saya telah dipecat oleh revolusi. Dan saya selalu mengatakan kepadanya apa yang saya pikirkan meskipun saya tidak mengambil bagian dalam pertemuan presiden.

    OM: Saya pasti akan menjawab pertanyaan ini. Presiden Mursi mengabaikan kudeta ini karena dia kenal dengan baik keadilan dan dukungan rakyat Mesir lebih kuat dari tank-tank militer dan dana para opurtunis penjahat yang menganjurkannya mundur

    Ayah berulang kali mengatakan bahwa ia percaya dalam arti visi pandangan, kebijaksanaan orang Mesir. Selain itu, beliau tahu bahwa sebagian rakyat mesir tidak setuju dengan kudeta ini . Dan hal ini dapat kita lihat sedang terjadi sekarang ini: protes revolusi secara besar-besaran menentang kudeta dan penentangan terhadap kehendak rakyat yang diabaikan.

    SS: Tetapi sekarang pendukung terlihat seperti terbelah menjadi 50-50 antara pendukung Morsi dan rakyat yang ingin dia dipecat. Menurut penelitian pendapat umum, 59% berpikir negara ini akan menjadi lebih baik dengan kekuatan militer.

    OM: Ini adalah pertanda yang sangat baik bahwa pemerintahan Muhammad Mursi adalah demokratis. Dalam demokrasi, Anda memiliki dua rezim pemerintah dan oposisi. Tapi dimana tentara mengambil alih kekuasaan politik adalah sesuatu yang belum pernah terjadi. Ini adalah satu tanda kudeta militer

    SS: Untuk menghormati semua, tidak ada keraguan lagi bahwa Mursi memiliki banyak pendukung. Tetapi dalam waktu singkat, mayoritas pendukung berubah menentangnya. Ini bukan tentang militer, tetapi juga rakyatnya.

    OM: Dalam demokrasi, perbedaan dan konfrontasi politik seperti biasanya akan diselesaikan melalui pemilu dan bukannya tank. Apakah ada setiap demokrasi yang di mana komandan militer mengabaikan kehendak rakyat dan menggulingkan presiden secara ilegal? Kudeta ini sebenarnya kejahatan yang dilakukan oleh tentara Mesir.

    SS: Osama, banyak yang percaya bahwa Ikhwanul Muslimin telah gagal bukan karena faktor agama, tetapi karena ia tidak memiliki rencana politik, rencana ekonomi. Apakah Anda mengakui bahwa dia telah membuat kesalahan?

    OM: Saya percaya satu-satunya cara untuk menyelesaikan perbedaan politik adalah melalui pemilu demokratis. Mungkinkah menteri pertahanan Rusia, atau Amerika, atau Inggris menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis hanya karena ada satu kelompok oposisi memprotes di jalan-jalan? Tidak, Tidak mungkin.

    Revolusi Mesir telah menang, dan dia ditunjuk karena dia adalah kehendak rakyat. Yang masih kokoh.

    Kami, Mesir, membuat pilihan kami. Rakyat Mesir memilih pemerintah mereka sendiri. Kehendak rakyat.

    SS: Tetapi Osama, Anda telah memanggil pendukung Anda untuk keluar di jalan-jalan dan berjuang. Ini menyebabkan pertumpahan darah. Lebih banyak orang meninggal dunia dalam kejadian baru-baru ini dibandingkan tahun keseluruhan di bawah Mursi.

    OM: Ini adalah salah sama sekali! Salah sama sekali! Kami mewakili rakyat Mesir dan kami mempertahankan pilihan demokratis dan suara kami. Kami melakukannya secara aman saja, saya tegaskan, "damai".

    Kami tidak mengancam siapa pun dan kita tidak akan mentolerir ancaman. Para penjahat yang mengadakan kudeta ini bertanggung jawab untuk semua pertumpahan darah di jalan-jalan, karena tidak menghormati kehendak rakyat, dan karena telah menganiaya orang yang mencoba untuk mempertahankan suara mereka secara aman.

    Revolusi Mesir adalah aman sejak hari pertama. Tidak ada yang mengancam siapapun. Namun, orang-orang yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah dan kekerasan adalah pendukung rezim Mubarak, yang menyebabkan Mesir telah melalui periode yang sulit untuk mengadakan revolusi kudeta kembali dan membantah segala pencapaian revolusi. Mereka menghancurkan demokrasi kita. Rakyat Mesir tahu siapa yang memilih kekerasan. Rakyat melihat dengan jelas siapa yang mendukung demokrasi dan siapa yang ingin merampok mereka dari itu.

    SS: Tetapi, karena kini Ikhwanul Muslimin telah keluar dari pemerintah baru Mesir. Ikhwanul Muslimin menolak bekerjasama. Apakah pendirian untuk tidak berkerjasama ini adalah strategi politik yang sah?

    OM: Ikhwan Muslim hanya bagian dari rakyat Mesir.

    Seluruh dunia harus memahami bahwa rakyat Mesir yang keluar di jalan-jalan sekarang. Ikhwanul Muslimin hanyalah sebagian dari rakyat mesir.

    Ikhwan Muslimin tidak membuat keputusan bagi pihak rakyat Mesir. Mereka tidak dipilih oleh rakyat, tetapi Presiden Mursi yang dipilih. Orang-orang yang akan termaktub dalam Konstitusi adalah dokumen yang disusun oleh rakyat, bukan oleh Ikhwanul Muslimin. Tidak hanya Ikhwan, tetapi seluruh Mesir percaya bahwa kudeta tidak seharusnya terjadi dari awal lagi, dan pemerintah baru tidak harus diadakan.

    SS: Bagaimana yang membuat Anda siap untuk berperang?

    OM: Rakyat Mesir tidak akan mengakui pemerintahan sementara, serta tindakan-tindakan yang dilakukan untuk merusak demokrasi. Rakyat Mesir akan berdiri untuk pilihan mereka, walau apa pun yang terjadi.

    SS: Tetapi apabila terjadi korban , kapan Anda akan mengatakan "cukup"?

    OM: Anda harus bertanya pertanyaan ini kepada mereka yang mengatur kudeta ini. Tanya mereka bila mereka akan menempatkan mengakhiri kejahatan mereka terhadap rakyat Mesir? Berapa banyak lagi kematian untuk menghentikan ini?

    OM: Jangan tanya saya bila mereka akan berhenti membunuh kami ... Kami melindungi pilihan pro-demokrasi kami dengan cara yang aman.

    Tolonglah, Kita semua, rakyat Mesir telah memutuskan bahwa kami akan memerintah negara kami sendiri ... melalui voting. Ya. Ya. Kini rakyat Mesir bertanya: "Di mana suara saya? Di manakah demokrasi? Bisakah Kepala Sisi atau tentara Mesir menjawab itu ..."

    Jadi, sekali lagi. Hanya rakyat Mesir memiliki hak untuk menentukan siapa yang akan memerintah negara mereka, dan ia harus ditentukan melalui pemilihan.

    Rakyat Mesir akan memutuskan siapa yang menang atau kalah hanya melalui kotak suara.

    Calon yang kalah dalam pemilu tidak akan dipilih pada masa depan. Pemenang, bagaimanapun, mungkin akan dipilih untuk masa jabatan kedua. Ini adalah apa yang kita mengerti dengan demokrasi. Negara mana yang memungkinkan oposisi mengambil kekuasaan melalui protes dan bukannya dengan memenangkan pemilihan umum?

    Rakyat Mesir kuat dan jelas mengatakan bahwa demokrasi adalah satu-satunya cara untuk mereka. Rakyat hanya akan taat pada pemerintah yang dipilih. Mereka tidak takut kepada kekerasan, pembunuhan, atau penindasan yang dilakukan oleh pemberontak. Rakyat Mesir tidak takut dengan pasukan keamanan.

    SS: Apakah ada faktor asing dalam kudeta?

    OMi: Apa yang saya tahu, ia adalah satu kudeta anti-demokrasi, yang bertujuan untuk membawa Mesir jauh dari jalan "menjadi sebuah negara demokrasi yang dihormati".

    Ketika rakyat Mesir mengadakan revolusi pada Januari 2011, ia bukan satu revolusi pengemis, maupun revolusi yang lapar. Ini adalah satu revolusi dicapai oleh orang-orang yang bebas. Dan orang-orang yang bebas adalah orang-orang yang kini memprotes di jalan-jalan terhadap kudeta inkonstitusional, tidak sah dan tidak demokratis ini.

    Selain itu, semua rakyat Mesir turut membantah kudeta anti-demokratis, polisi-polisi brutal dan ganas, yang mungkin akan mengembalikan praktek-praktek yang pernah digunakan oleh Mubarak dan polisi rahasianya.

    SS: Ketika seseorang melihat situasi di Mesir dari luar, hal pertama yang sedang dibahas - setelah pertempuran - adalah apakah peran yang dimainkan oleh Amerika Serikat, dan itu sangat jelas. Anda mungkin tidak tahu, tapi apakah pikiran Anda?

    OM: Kebijakan AS hanya untuk kepentingan Amerika selama ini. Saya tidak begitu peduli tentang itu.

    AS mendukung kudeta militer di Venezuela, di Mesir, dan beberapa negara lain, ketika ia memberi manfaat kepada negara mereka. Ini adalah satu fakta yang ada.

    SS: Dalam kondisi ini ketika ayah Anda dipecat, Anda tidak tahu di mana dia, ada pertempuran di jalan-jalan. Apakah Anda pikir kewarganegaraan AS Anda akan menjadi penghalang atau bantuan?

    OM: Amerika berbicara untuk demokrasi dalam media, tetapi pada kenyataannya mereka tidak mempertahankan prinsip-prinsip demokrasi.

    Dan itu adalah sangat penting bagi rakyat Mesir untuk tidak mengimpor demokrasi dari Amerika Serikat atau beberapa negara lain.

    Pada 25 Januari 2011, rakyat Mesir telah memutuskan untuk memutuskan masa depan negara mereka. Ketika itu pemerintah AS tidak memiliki posisi yang jelas mengenai hal ini.

    Saya perlu menjelaskan di sini - pertempuran di antara pasukan keamanan yang menindas dan demonstran yang aman. Anda tidak dapat menggunakan istilah perang saudara dalam situasi ini, ia bukanlah perang saudara di antara rakyat Mesir.

    SS: Apakah kewarganegaraan Amerika Anda berguna atau merusak Anda sekarang?

    OMi: Saya seorang warga Mesir, dan saya tidak memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Salah seorang dari adik-adik saya adalah warga negara Amerika Serikat-Dan saya bangga dengannya.

    SS: Bagaimana Qatar bisa berbalik melawan Anda? Sedangkan mereka adalah pendukung Anda.

    OM: Anda dapat meminta pemimpin Qatar menjawab pertanyaan ini.

    SS: Tapi apakah Anda memiliki pendapat Anda?

    OM: Saya tidak begitu memahami posisi Qatar - apakah itu membantu tentara? Saya tidak begitu peduli. Saya hanya peduli tentang kehendak rakyat Mesir. Itu hal utama.

    SS: Apakah Anda berpikir bahwa skenario di Suriah akan terjadi di Mesir?

    Osama Mursi: Tentu saja tidak.

    Mesir memahami apa yang sedang terjadi. Tentara Mesir adalah tentara semua orang. Mesir memahaminya. Kami semua hormat itu. Dan tentara Mesir adalah yang dihormati. Ia adalah tentara rakyat yang memiliki sejarah yang besar. Rakyat kita memahami perbedaan antara militer secara keseluruhan dan beberapa komandan tentara yang mengatur kudeta.

    Sumber: RT
    Mesir Kini
     Wallahu A‘lam.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Wawancara khusus Reuters dengan Osama Mursi, anak Presiden Mursi Rating: 5 Reviewed By: GemaDakwah
    Scroll to Top