728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jumat, 11 Januari 2013

    Unsur-unsur Dakwah dalam Islam

    Uztadz H. Abdurrahman Yusak, Lc

    Setiap kegiatan yang berkesinambugan dan intensif, selalu memiliki unsur dan beberapa elemen lainnya yang saling mendukung. Seperti aktivitas pendidikan, ada tenaga pengajar, materi yang dipelajari, dan proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan dalam bidang informasi (Media), ada reporter, berkas dan arsip, materi retorika dan sarana informasi. Begitu juga Islam, ada unsur pokoknya, atau yang lebih kita kenal dengan rukun. Begitu juga iman. Dan semuanya ini meiliki peran penting dalam mencapai tujuan. Hal serupa juga ada pada dakwah, yang memiliki unsur pokok atau rukun.
    Dakwah dalam Islam tidak terlepas dari tiga pokok : Kegitan dakwah, orang yang berdakwah dan orang yang didakwai,, adapun metode penyampaian dakwah terhadap orang yang akan didakwahi merupan unsur tambahan nomor empat, sedangkan bedakwah dengan gaya tersendiri dan cara tertentu dikategorikan rukun dakwah nomor lima.
    Lima rukun dakwah ini dsepakati oleh ulama dan dan sudah termasuk di dalam buku dakwah Islam. Namun para ulama berbeda pendapat dalam bidang dakwah ini pada "pengaruh dan target dakwah" Menurut DR.Mushtafa Ibrahim pengaruh dan terget dakwah bukanlah sesuatu yang pokok. Seperti wudhu' dan ruku' dalam sholat. Whudu' adalah syarat dilaksanakan di luar sholat, sedangkan ruku' adalah rukun, dilaksanakan dalam sholat itu sendiri.
    "Unsur-unsur dakwah Dalam Islam"
    DR. Mushtafa Ibrahim.
    Alih Bahasa : Uztadz H. Abdurrahman Yusak, Lc













    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. salam.. subhanallah pak haji,, trimakasih untuk infonyaa.. ditunggu artikel-artikel slanjutnyaa...

      www.carijersey.com

      BalasHapus

    Item Reviewed: Unsur-unsur Dakwah dalam Islam Rating: 5 Reviewed By: GemaDakwah
    Scroll to Top